Home » » PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN BARANG PADA KONVEKSI TAS “ ROMAN INDAH ” PADANG DENGAN MENERAPKAN METODE EOQ DAN ROP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DIDUKUNG DENGAN DATABASE MYSQL

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN BARANG PADA KONVEKSI TAS “ ROMAN INDAH ” PADANG DENGAN MENERAPKAN METODE EOQ DAN ROP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DIDUKUNG DENGAN DATABASE MYSQL

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi komputer pun turut berkembang dengan pesat. Secara tidak langsung menimbulkan kompetisi atau persaingan dalam  dunia usaha. Saat ini hampir semua bidang usaha yang ada telah menerapkan teknologi informasi sebagai salah satu alat yang mempermudah kegiatan yang di perlukan dalam sebuah perusahaan. Dengan memaksimalkan teknologi informasi ini, banyak perusahaan yang telah memperoleh keuntungan. Keuntungan yang diperoleh bukan hanya material tetapi juga dalam segi pemanfaatan waktu yang tidak terbuang secara sia-sia.
Konveksi tas “ Roman Indah ” adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang konveksi tas. Perusahaan ini menjalankan usahanya dalam bentuk produksi tas dan penjualan tas. Salah satu aspek penting adalah di bagian pemesanan barang. Namun perusahaan memiliki masalah dalam sistem pemesanan karena perusahan ini masih menggunakan cara manual dalam proses pemesanan barang. Untuk itu, dalam sebuah perusahaan teknologi memegang peranan penting dalam mengolah data menjadi informasi yang diperlukan sehingga informasi tersebut menjadi lebih bermanfaat dan dapat meningkatkan efisiensi kerja.
Pada kenyataanya, pembelian atau pemesanan barang yang dilakukan oleh konveksi tas “ Roman Indah “ hanya berdasarkan kebutuhan dan permintaan dari unit yang memerlukan. Pada waktu-waktu tertentu, pemakaian terhadap barang melebihi dari persediaan barang, sehingga konveksi mengalami kekosongan barang. Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelian atau pemesanan barang pada konveksi tas belum efisien dan dalam sistem pemesanan barang perusahaan juga masih menggunakan cara manual.
Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, sistem kerja karyawan dengan menggunakan komputer sangat membantu sekali. Salah satu manfaat bagi karyawan adalah dalam pembuatan laporan, yang nantinya akan diberikan kepada pimpinan dapat terselesaikan dengan cepat dan dalam penentuan jumlah barang yang optimal, perusahaan dapat menggunakan salah satu model pengendalian persediaan yaitu metode economic order quantity (EOQ), menentukan jumlah barang yang optimal dalam satu periode dengan meminimalkan total biaya persediaan. Sistem ini membantu perusahaan dalam menentukan jumlah pemesanan barang tiap kali melakukan kegiatan pemesanan, frekuensi pemesanan dalam satu tahun, titik pemesanan ulang (ROP),  jarak antar tiap pesanan.
Untuk itu, penulis akan mencoba membuat program aplikasi yang berguna untuk membantu dalam pemesanan barang pada konveksi tas “ Roman Indah ”, agar pemesanan  dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah. Oleh karena itu, penulis akan mencoba merancang sebuah sistem informasi dalam bentuk skripsi dengan judul: PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN BARANG PADA KONVEKSI TAS “ ROMAN INDAH ” PADANG DENGAN MENERAPKAN METODE EOQ DAN ROP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DIDUKUNG DENGAN DATABASE MYSQL.
1.2    Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pemilihan judul dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
a.    Apakah sistem informasi yang dibangun dapat mengurangi kesulitan dalam pembuatan laporan pemesanan barang pada Konveksi tas “Roman Indah”?
b.    Apakah dengan pembuatan sistem baru dengan menggunakan bahasa pemrograman JAVA bisa meningkatkan kualitas informasi?
c.    Apakah dengan menggunakan Metode EOQ dan ROP mampu memberikan solusi terhadap kegiatan pemesanan barang?
1.3    Hipotesa   
Berdasarkan permasalahan di atas, maka dugaan sementara dari penelitian tersebut adalah sebagai berikut :
a.    Dengan menggunakan sistem informasi pemesanan barang untuk pengolahan data yang dibangun dengan bahasa pemrograman java, diharapkan dapat mengurangi kerja yang berulang-ulang,
b.    Dengan menggunakan database, diharapkan dapat mempersingkat waktu yang terpakai.
c.    Dengan adanya suatu aplikasi, diharapkan dapat mempercepat proses pembuatan laporan dalam pemesanan barang pada konveksi tas “Roman Indah” Padang.


1.4    Ruang Lingkup Penelitian
Agar permasalahan menjadi lebih terarah dan sistematis sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai, maka penelitian ini dibatasi pada masalah yang akan dibahas, yaitu : Analisis yang dilakukan hanya terbatas pada pengolahan data-data dalam pemesanan barang dan penggunaan Software JAVA untuk pembuatan program aplikasi.
Posted by: Induaksamang
Tips dan Triks rahasia, Updated at: 23:03

0 komentar :

Post a Comment