Home » » PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBUATAN DATA SERTIFIKAT TANAH PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL ( BPN ) TEBO YANG DI DUKUNG OLEH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN DATABASE MYSQL

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBUATAN DATA SERTIFIKAT TANAH PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL ( BPN ) TEBO YANG DI DUKUNG OLEH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN DATABASE MYSQL

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Sebagai salah satu instansi yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam masyarakat, Badan pertanahan Nasional kota Tebo harus memberikan pelayanan yang sangat baik. Layanan yang di berikan adalah berupa kemudahan dalam pengurusan sertifikat tanah bagi setiap masyarakat yang membutuhkan. Untuk itu kantor badan pertanahan nasional kota Tebo harus mempunyai suatu sistem yang bagus dan terbaik untuk dapat mewujudkan semua tujuannya. Tapi untuk sekarang ini badan pertanahan nasional kota Tebo belum menggunakan komputer secara maksimal dalam melakukan pengolahan data pengurusan sertifikat tanah untuk masyarakat. Dengan belum maksimalnya pemakaian komputer dalam pengolahan data pembuatan sertifikat tanah mengakibatkan lamanya pengurusan yang di ajukan oleh masyarakat yang membutuhkan.
Sehubungan dengan hal diatas, agar masyarakat dapat pelayanan yang memuaskan maka penulis tertarik untuk mengembanngkan suatu sistem yang di dukung dengan perkembangan teknologi sistem informasi saat ini dalam laporan tugas akhir dengan judul :“PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBUATAN  DATA SERTIFIKAT TANAH PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL (  BPN ) TEBO YANG DI DUKUNG OLEH BAHASA PEMROGRAMAN JAVA  DAN DATABASE MYSQL”.


1.2 Perumusan Masalah
Dari keterangan yang ada pada latar belakang di atas, dapat dirumuskan masalah yang dihadapi oleh Badan Pertanahan Nasional Tebo antara lain:   
1.    Apakah dengan perancangan teknologi informasi yang baru, akan mampu memberikan informasi dan memberikan pelayanan dalam pengurusan sertifikat tanah  menuju kearah yang lebih baik ?
2.    Mampukah aplikasi java memberikan arti yang sempurna dalam pengolahan data pengurusan sertifikat, karena dengan pengolahan data yang baik akan mudah mengakses data yang dibutuhkan ?

1.3 Hipotesis
Berdasarkan permasalahan yang ada dapat dikemukakan beberapa hipotesa yaitu diharapkan sebagai berikut :
1.    Dengan perancangan teknologi sistem informasi yang baru, masyarakat akan mendapatkan informasi dan pelayanan yang sangat baik dalam melakukan pengurusan sertifikat .
2.    Dengan pemakaian bahasa pemrograman java, aplikasi akan mampu mengolah data dengan baik dan mampu untuk di akses dengan cepat oleh pengguna.
3.    Dan dengan bantuan database MySQL dapat membantu dalam penyimpanan data.



1.4  Tujuan Penelitian
Adapun beberapa tujuan penelitian yang di lakukan oleh penulis, antara lain :
1.    Dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dalam melakukan pengolahan data dan mencoba mengembangkan serta merancang suatu sistem baru yang aman dan efisien.
2.    Merancang sistem dalam bentuk aplikasi pemograman  dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.
3.    Mengusulkan pada badan pertanahan nasional agar menerapkan suatu system yang memaksimalkan penggunaan komputer.

1.5    Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian di lakukan agar permasalahan menjadi lebih terarah dan sistematis sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai, maka penelitian ini dibatasi pada masalah yang akan dibahas, yaitu :
1.    Analisa yang dilakukan hanyalah dalam melakukan pengolahan pengurusan sertifikat tanah yang di ajukan oleh masyarakat tebo.
2.    Penggunaan bahasa pemrograman java dalam perancangan aplikasi pengolahan datanya.
Posted by: Induaksamang
Tips dan Triks rahasia, Updated at: 23:01

0 komentar :

Post a Comment